Jumat, 01 Juni 2012

Tafsir Jalalain


 

E-Book Tafsir Jalalain ini dibuat oleh Dani Hidayat (Pustaka Al-Hidayah) untuk dijadikan salah satu referensi yang praktis dalam mempelajari Tafsir Al-Quran. E-Book Ebook Tafsir Jalalain Final Version ini adalah hasil update versi sebelumnya yang memiliki kekurangan dan kesalahan yang cukup mengganggu.


 

Kitab tafsir Jalalain telah dijadikan kitab dasar diseluruh pesantren di Indonesia bagi yang ingin mempelajari tafsir Al-Quran. Bahasanya ringkas, padat, dan enak. Berikut ini sekilas mengenainya…
Sekilas tentang tafsir Jalalain
 Kitab ini satu-satunya kitab tafsir yang penyusunnya dua orang. Uniknya mereka tidak mengerjakannya secara bersamaan. Meski disebut-sebut penyusunnya oleh dua orang, sebenarnya Al-Mahalli dan As-Suyuthi tidak mengerjakannya dalam waktu yang bersamaan. Masing-masing penyusun yang berbeda generasi itu hanya menulis tafsir separuh Al-Quran pada masanya. Sebab ketika sang mufassir pertama menyusun bagian pertama Tafsir Jalalain, mufassir kedua baru saja memulai pengembaraannya mencari ilmu.

Penulis awal Tafsir Jalalain adalah Jalaluddin Al-Mahalli, tokoh kelahiran Kairo, Mesir, tahun 791H/1389 M, yang bernama asli Muhammad bin Ahmad bin Muhammad bin Ibrahim bin Ahmad bin Hasyim Al-Mahalli Al-Mishri Asy-Syafi’i. Uniknya, entah mengapa, ulama besar yang juga termasyhur karena kealimannya di bidang fiqih, ilmu kalam, nahwu dan manthiq dan karya-karya besarnya, itu mengawali penulisan tafsirnya dari Surah Al-Kahfi yang terletak di pertengahan juz lima belas lalu terus ke belakang hingga surah terakhir, An-Nas.
Usai menafsirkan Surah An-Nas, Al-Mahalli lalu kembali ke halaman muka Al-Quran, menafsirkan surah Al-Fatihah. Tadinya, setelah usai menafsirkan surah pertama dalam Al-Quran itu ia akan melanjutkan dengan surah Al-Baqarah, Ali Imran dan seterusnya hingga akhir surah Al-Isra. Namun taqdir berkata lain, ketika baru selesai menulis tafsir Al-Fatihah, sang Allamah berpulang ke haribaan Allah pada tahun 864 H/1459 M.
Merasa sayang dengan karya besar sang guru yang nyaris terbengkalai, belasan tahun kemudian, pekerjaan mulia itu pun dilanjutkan oleh salah satu murid Al-Mahalli yang saat itu telah menjadi ulama besar yang sangat alim, Abdurrahman bin Kamaluddin Abi Bakar bin Muhammad Sabiquddin bin Fakhrudin bin Utsman bin Nashiruddin Muhammad bin Saifudin Khidhir Al-Khudhairi As-Suyuthi Al Mishri Asy-Syafi’i, atau Jalaluddin As-Suyuthi. Secara mengagumkan, As-Suyuthi melanjutkan penafsiran dari Surah Al-Baqarah sampai akhir Surah Al-Isra di juz 15, dengan metodologi serta pola dan gaya bahasa yang nyaris sama persis dengan tulisan awal sang guru.
Jika bukan karena ada keterangan bahwa kitab tafsir itu disusun oleh dua mufassir, orang-orang pasti akan mengira penyusun Tafsir Jalalain hanya satu orang saja. Bahkan, untuk menyamakan metodologi dengan sang pendahulu, As-Suyuthi juga meletakkan surah Al-Fatihah berikut penafsirannya di akhir kitab.
Meski terbilang sangat ringkas, informasi-informasi penting dalam Tafsir Jalalain membuat kitab itu terus menjadi rujukan ulama, bahkan hingga saat ini. Keringkasan penjabarannya juga mengundang minat banyak ulama sesudahnya untuk menyusun komentar atas kitab tafsir tersebut. Sebut saja Majma’ Al-Bahrain Wa Mathla’ Al-Badrain karya Syaikh Muhammad bin Muhammad Al-Karkhi, Al-Futuhat Al-Ilahiyyah atau Hasyiyah Al-Jamal dan Hasyiyah Ash-Shawi karya Syaikh Ahmad bin Muhammad Ash-Shawi Al-Mishri Al-Maliki Al-Khalwati.
http://www.thohiriyyah.com/2010/10/tafsir-jalalain-karya-agung-dua-ilmuwan.html
Sekilas mengenai Ebook ini
Kesalahan dimaksud antara lain
1) Beberapa nama surat yang terdapat dalam header halaman tidak sesuai dengan daftar isi seperti surat ke-30 al-Ankabuut seharusnya ar-Ruum,
2) Jumlah ayat yang tidak sempurna (kurang), terletak pada Qs. As-Sajdah dengan jumlah 21 ayat yang seharusnya 30 ayat dan lain sebagainya. Secara ringkas, konten yang terdapat dalam e-book Tafsir Jalalain Final Version ini adalah sebagai berikut:
1. Adanya penambahan konten pendahuluan yang berisi berbagai informasi mengenai pembuat, program, biografi dan sebagainya.
2. Tafsir dengan bahasa Arab dan terjemahnya (bahasa Indonesia).
3. Disertai dengan Asbabun Nuzul. (update selanjutnya, Insya Allah)
Source ; http://ma-tasikmalaya.blogspot.com/2010/08/ebook-tafsir-jalalain-final-version.html
DOWNLOAD Tafsir Jalalain Final Version :
Klik Disini (4shared)
atau disini (RapidShare)
Atau Disini (Mediafire)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar