Rabu, 17 Oktober 2012

Blanko Penilaian dan Analisis Butir Soal





Seorang guru dituntut agar profesional dalam menjalankan tugasnya. Standar keprofesionalan seorang guru saya yakin telah banyak bapak/ibu guru ketahui. Memang tidak mudah untuk menjadi guru yang profesional namun harus kita upayakan seideal mungkin.

Seperti halnya tentara perang, Seorang guru harus memiliki senjata, rencana dan strategi dan peta untuk dapat memenangkan pertempuran. Senjata dari guru adalah media yang dapat digunakan sebagai alat bantu penyampaian materi pelajaran seperti halnya spidol/kapur/LCD/alat peraga yang lainnya sehingga materi dapat tersampaikan dan nilai-nilai positif juga dapat tersampaikan. Rencana dan strategi dari seorang guru yaitu memiliki administrasi pembelajaran yang digunakan untuk merencanakan, menganalisis, dan mengevaluasi, sehingga dapat dijadikan sebagai alat ukur diri mengkoreksi dan alat mencegah dari hal-hal yang potensial tejadi selama proses pembelajaran pada tahun berikutnya. Sedangkan petanya adalah karakter siswa, seorang guru harus mampu mengenali dan memahami karakter siswa agar apa yang kita sampaikan dapat diterima oleh siswa baik materi maupun nilai-nilai positif yang lain.



Dari 3 poin diatas dalam kesempatan ini saya akan memberikan sebuah alat bantu untuk guru yang dapat digunakan untuk menganalisis nilai dan butir soal. Berikut ini link download yang berisi aplikasi excel untuk menganalisis nilai dan butir soal. Aplikasi ini saya buat sesederhana mungkin dengan tujuan agar dapat digunakan oleh sebagian besar guru meski ilmu komputernya minimal.

Cara penggunaan aplikasi analisis nilai dan butir soal ini sebagai berikut :
Ganti daftar nama sesuai dengan daftar nama siswa Anda (kolom 2 sheet input)
Sesuaikan kelasnya (kolom 3 sheet input)
Kolom Nomor (kolom 1) disesuaikan dengan no absen siswa perkelas. Ganti kelas berarti nomor dimulai dari angka 1 kembali
Untuk soal objektif, kunci jawaban dituliskan telebih dahulu
Setelah langkah 1-4 selesai. Masukkan jawaban pilihan ganda (A,B,C,D atau E) dari siswa
Masukkan nilai jawaban soal essai
Keluaran dari input data berupa analisis soal objektif, daftar nilai siswa, dan daftar remidi per nomer. Bila diperlukan analisis penyebaran jawaban pilihan ganda siswa dapat dilihat di sheet ANALOBJ2
Untuk mengecek nilai per kelas dapat dilihat pada sheet cek per kelas. Tinggal diketikkan nama kelas pada kolom kelas
Jangan menghapus apapun selain yang berbackground hijau, terkecuali ingin mengganti rumus penilain sesuai kebutuhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar